kumpulan kata mutiara , kalimat mutiara , kata-kata bijak , nasehat ulama

kumpulan kata mutiara , kalimat mutiara , kata-kata bijak , nasehat ulama

situs2 islam yg bermanhaj salaf: http://www.muslim.or.id , http://www.almanhaj.or.id , http://www.alsofwah.or.id , http://www.pengusahamuslim.com , http://www.kajian.net , http://www.salafy.or.id , http://www.ustadzaris.com , http://www.rumaysho.com , http://www.ustadzkholid.com , http://www.remajaislam.com , http://www.hatibening.com , http://www.muslimah.or.id , http://www.jilbab.or.id

Nahnu du’at, la qudhat (kami adalah pemberi nasehat, bukan pemberi hukuman)

Sebaik2 teman adalah yg berkata pd temannya: AYO KITA PUASA SEBELUM KITA MATI. Dan seburuk2 teman adalah yg berkata pd temannya: AYO KITA MAKAN DAN MINUM SEBELUM KITA MATI. (hilyatul auliya)

Terimalah sesuatu yg anda benci, jika sesuatu itu disukai Allah. Dan bencilah sesuatu yg anda sukai, jika sesuatu itu dibenci Allah. (ABU HAZIM)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal sebenarnya ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal sebenarnya ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS Al Baqoroh 216) -

Cintailah sahabatmu sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri, namun jangan mencintai isteri sahabatmu sebagaimana engkau mencintai isterimu sendiri.. Bahaya!!!!

Imam Asy Syafi’i berkata, “Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik (haq), pasti akan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia (batil).”

Al-Lubaidi berkata: “Aku melihat Abu Ishâq di waktu hidupnya, selalu mengeluarkan secarik kertas dan membacanya. Ketika dia telah wafat, aku melihat kertas tersebut, ternyata tertulis padanya ‘Perbaguslah amalanmu, sesungguhnya ajalmu telah dekat !! Perbaguslah amalanmu, sesungguhnya ajalmu telah dekat !!! ’. (www.almanhaj.or.id)

Pandanglah ke depan untuk menyambut hari esok, tengoklah ke belakang untuk mengoreksi diri. Usahakan yang terbaik semampu dirimu agar tak menyesal di kemudian hari. Semoga istiqomah! (www.majalah-elfata.com)

Teman sejati mau mengerti saat kita berkata “aku lupa”, menunggu selamanya saat kita berkata “tunggu sebentar”, tetap tinggal saat kita berkata “tinggalkan aku sendiri”, dan membukakan pintu meski kita belum mengetuk dan berkata “bolehkah aku masuk?” (www.alsofwah.or.id)

Jika sedang sendiri janganlah merasa sepi, ada Allah yang mengawasi. Jika sedih jangan dipendam dalam hati, ada Allah tempat berbagi. Jika susah jangan menjadi pilu, ada Allah tempat mengadu. Jika gagal janganlah putus asa, ada Allah tempat meminta. Jika bahagia janganlah menjadi lupa, ada Allah tempat memuja. Ingatlah Allah selalu, niscaya Allah akan mengingatmu. (www.alsofwah.or.id)

kumpulan kata mutiara , kalimat mutiara , kata-kata bijak , nasehat ulama

Brgsiapa berbuat keburukan secara sembunyi2 maka hendaklah ia bertaubat secara sembunyi2. Dan brgsiapa berbuat keburukan secara terang2an maka hendaklah ia bertaubat secara terang2an pula. (hilyatul auliya)

“orang yang mendalam cintanya pada al-quran, tidak akan ada tempat dihatinya untuk menggandrungi musik dan nyanyian.”
-Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah rahimahullaahu Ta’aalaa dalam kitabnya, Ighootsatul Lahfan

Hidup ini tak akan pernah sunyi dari senang dan susah, suka dan duka, sehat dan sakit, bahagia maupun menderita. Ketahuilah saudara/i ku, tidak ada suatu perkara yang akan menyusahkan kita melebihi kemampuan kita..Semua itu adalah atas izin dan Kuasanya-Nya.. LA YUKALLIFULLAHU NAFSAN ILA WUSNGAHA (Tidaklah Allah membebani manusia kecuali sebatas kemampuannya, albaqarah ayat terakhir))

Maka wajib bagimu wahai anak muda, untuk berteman dengan orang2 yang sudah dikenal berakhlak baik dan menjauh dari akhlak yang jelek dan perbuatan yang hina, hingga engkau mengambil dari teman itu “madrasah” yg darinya engkau mendapatkan pertolongan untuk berakhlak baik.

“Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat; barangsiapa memudahkan seorang yang mendapat kesusahan, Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat; dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aibnya) di dunia dan Akhirat; dan Allah selalu akan menolong hambanya selama ia menolong saudaranya.” Riwayat Muslim.

Rasulullah berkata: “Apa artinya dunia bagiku! Kehadiranku di dunia hanyalah bagaikan seorang pengelana yang tengah berjalan di panas terik matahari, lalu berteduh di bawah naungan pohon beberapa saat, kemudian segera meninggalkannya untuk kembali melanjutkan perjalanan.” (HR. At-Tirmidzi)

Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. (Qs. 16 an-Nahl :125)

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (Qs. 4 an-Nisa’ : 63)

“Janganlah kalian menjadi seperti bunglon dengan mengatakan jika manusia berbuat baik maka kami akan berbuat baik, dan jika mereka berbuat dhalim maka kami akan berbuat dhalim, akan tetapi tanamkanlah dalam jiwa-jiwa kalian jika manusia berbuat baik kalian akan berbuat baik, dan jika mereka berbuat jahat maka janganlah kalian berbuat jahat. – ibnul qoyyim

Seorang bapak bertanya kepada anaknya, dihadapan keduanya ada hutan yang lebat:”Apakah engkau melihat hutan yang lebat itu?” Anaknya menjawab:”Tidak ayah, karena pohon-pohon di hutan itu menghalangi padanganku dari hutan itu.”(Ahlaa al-Ibtisamaat, Manshur bin Nashir al-’Awaaji hal. 152)

kumpulan kata mutiara , kalimat mutiara , kata-kata bijak , nasehat ulama

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s