8 Cara Mengobati Patah Hati

Anak-anak remaja sekarang, pasti rentan dengan yang namanya ‘Jatuh Cinta’. Kayanya gak ada deh!! Remaja yang belum merasakan yang namanya jatuh cinta. Apa lagi cewek, cewek tuh cenderung lebih mudah buat ngerasain yang namanya jatuh cinta. Nah, kalo dah jatuh cinta! Lupa sama semuanya, sama kerjaan rumah, sama teman, sama tugas sekolah, bahkan ada juga yang sampai lupa ma Allah (Naudzubillah min dzalik, jangan sampe ya!). Mereka ngerasa dunia cuma milik berdua, cie!!

Tapi, kalo ternyata cowok yang ditaksirnya itu dah punya cewe atau dia gak suka sama kita. Ehm…pasti deh!! Kita bakal nangis gak karuan, rasanya hati tuh hancur berkeping-keping. Mau tahu caranya mengobati patah hati? Niy dia 8 cara mengobati patah hati:

1.Berhenti memikirkan si dia, don’t be alone!

Jangan buang-buang waktu memikirkan seseorang yang saat ini kemungkinan besar sedang berbahagia bersama orang lain, dan sama sekali tidak memikirkanmu

Alihkan pikiran dan fokusmu kepada hal lain. Ujian yang di depan mata, misalnya. Sediakan dirimu 100 persen untuk siap men-support keluargamu: papa, mama, kakak, atau adikmu.Habiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman. Sebisa mungkin lawan keinginan untuk bersendirian yang akan membuatmu lebih nelangsa.

2. Singkirkan semua kenangan

Jangan simpan kartu ucapan, hadiah-hadiah (kecuali kalau mahal kali ya, dibuang sayang… di jual aja kali ya? Hehehe), apalagi fotomu berdua si dia. Singkirkan. Terserah untuk sementara waktu atau dibuang hingga hilang dari hidupmu selamanya.

Termasuk kaset-kaset yang menyisakan kenangan bersamanya. Semakin sedikit hal yang mengingatkanmu padanya, semakin cepat kemungkinan hatimu pulih.

Mudah-mudahan saja tidak ada anggota keluargamu yang wajahnya mirip si dia ya? Kalau ya…repot juga, hehehe.Termasuk kaset-kaset yang menyisakan kenangan bersamanya. Semakin sedikit hal yang mengingatkanmu padanya, semakin cepat kemungkinan hatimu pulih.Mudah-mudahan saja tidak ada anggota keluargamu yang wajahnya mirip si dia ya? Kalau ya…repot juga, hehehe.

3.Pikirkan kekurangannya!

Jika sekali-kali terlintas kenangan betapa baiknya dia, betapa manisnya, betapa perhatiaannya… stop! Hentikan pemikiran yang membuatmu semakin merasa sedih karena kehilangan dia.

Sebaliknya pikirkan kekurangan-kekurangannya. Saat dia memperlakukanmu dengan tidak baik, mungkin bersikap cuek padamu di depan teman-temannya, atau saat kamu sakit dan dia tidak peduli. Atau sikapnya yang kurang santun terhadap keluargamu. Lihat juga bagaimana tidak berperasaannya dia ketika memutuskan hubungan denganmu. Apalagi jika ternyata alasannya adalah karena menemukan cewek lain yang lebih oke. O-ow… C’mon Galz, kamu layak mendapatkan yang lebih baik.

Kumpulkan kekurangan-kekurangannya yang lain. Apakah dia tidak berprestasi di sekolah? Apakah dia lebih memedulikan teman-teman genknya dari pada kamu? Apakah dia tidak memiliki tujuan dalam hidup? Cita-cita? Malas? Cepat menyerah? Tidak punya keberanian? Apakah dia pernah meminum alcohol atau bahkan pemakai drugs? Ugh…

Garis bawahi satu hal: This is not my loss…it’s his! Bukan kamu yang rugi dengan selesainya hubungan kalian, tetapi dia.

4.Bergeraklah…do it something!

Bergerak, jangan diam. Lakukan sesuatu, jangan melamun.Dalam keadaan diam dan melamun , kesedihan akan terasa berlipat-lipat. Jadi, buang rasa enggan, dan hupp… bangkit deh dari tempat tidur, dan lakukan sesuatu. Mungkin membenahi kamarmu. Atau beres-beres rumah. Menata ulang ruang tamu atau ruang makan. Mungkin juga merapikan kebun kecil di depan rumahmu (pastikan kebun milik sendiri yang kamu kutak-kutik, jangan kebun orang, hehehe)

Balas surat-surat dari teman. Selesaikan kewajiban-kewajiban yang selama ini tertunda. Susun ulang album fotomu. Bongkar koleksi pakaianmu di lemari. Atau barang-barang lama yang nyaris tidak pernah dipakai lagi. Kamu bisa juga hubungi teman-teman dan ajak mereka mengumpulkan barang-barang tidak terpakai. Kenapa nggak membuat bazar sosial dari benda-benda bekas yang terkumpul itu? Dananya bisa kamu sumbangkan kepada anak-anak yatim, atau mereka yang membutuhkan. Yakin deh, berbuat baik bagi orang lain, akan membuat perasaanmu menjadi lebih baik.

5.Lakukan hal-hal yang nggak kamu banget!

Coba deh melakukan beberapa hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Entah karena nggak terpikir, entah karena kamu malu dan nggak berani. Misalnya saja, kenapa nggak ajak teman baikmu karaokean bareng. Nggak perlu ke klub karaoke, cukup dirumah aja. Sebelumnya bisa minta maaf sama nyokap, bokap, adik, kakak, kalau hari ini mereka harus mendengar suaramu lebih dari biasanya. Putar CD-CD nasyeed pilihan. Atau beli VCD senam yang kamu bisa ikuti gerakannya.

Kalau kamu suka masak, kenapa nggak mencoba resep dari koran atau majalah dan bereksperimen di dapur. Melakukan hal-hal yang kamu nggak sukai akan memeras banyak pikiranmu, dan membuatmu sibuk, ketimbang melakukan hal-hal yang kamu sukai. Meski keduanya boleh dicoba. Apa pun yang bisa membuat perasaanmu lebih baik.

6.Jika kamu terlalu sedih…..

Jika kamu terlalu sedih, kamu boleh menangis, menulis puisi atau diary berlembar-lembar. Tapi berjanjilah satu hal…kasih deadline untuk kesedihanmu. Tiga harikah atau seminggukah. Jangan lebih dari itu. Kalau perlu buat hukuman jika kamu larut dalam kesedihan melebihi kontrak yang sudah kamu buat dengan dirimu sendiri.

7.JANGAN!!!

Sesedih apa pun itu, jangan melakukan hal-hal yang merusak dirimu sendiri. Rugi banget. Kamu korban dan nggak perlu menjadi lebih parah. Percayalah, menyakiti diri sendiri apalagi jika berusaha bunuh diri tidak akan membuat dia kembali padamu. Sikap ini justru akan membuat sedih orang-orang yang sungguh sayang dan mencintaimu. Ingat, mereka bukanlah pihak yang harus kamu hukum dengan keputusan nekadmu!

8.Kembali kepada Dia

“Ketika kamu terlalu sedih, ketika kamu tidak sanggup bangkit, ketika kamu merasa tidak punya siapa-siapa… kamu sebenarnya tidak pernah sendirian. Ada Allah. Dia yang siap memelukmu dalam kasih yang sesungguhnya. Dalam cinta yang jauh lebih besar dari yang bisa diberikan seseorang.”

Kenapa nggak jadikan momen patah hatimu sebagai bentuk hijrah dan pendekatan kembali kepada Sang Pencipta? Dia yang seumur hidupmu tidak pernah meninggalkanmu sedikit pun. Dia yang kepadaNya kamu sudah banyak melakukan kesalahan.

Gunakan salat dan ibadah sebagai momen menenangkan diri. Sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. Jangan pernah kehilangan kepercayaan kepadaNya. Terima apa yang terjadi dengan ikhlas. Mudah-mudahan Allah memaafkan kesalahanmu, dan memberi ganti sosok yang lebih baik. Pada waktunya nanti. InsyaAllah.

Sedikit tips di atas mudah-mudahan membantu ya untuk mengatasi patah hati dan nggak lagi terjebak olehnya.

Cheer up, Galz! (Sumber: Galz, Please Don’t Cry, Asma Nadia, dkk.)

Filed under: – – – – artikel voa-islam.com

5 thoughts on “8 Cara Mengobati Patah Hati

  1. Baik laki2 maupun perempuan, diperingatkan agar memilih pendamping hidup atas dasar agamanya.
    Pertanyaannya, apakah yg dimaksud dng beragama? Apakah mereka yg luas pengetahuan agamanya?
    Bukan, sesungguhnya para orientalis memiliki pengetahuan agama yg lbh luas daripada kebanyakan kita saat ini.
    Kalau begitu bgaimana menentukan ukuran bahwa calon kita termasuk org yg beragama?
    Agama meliputi tauhid yg merupakan intinya dan syariat sebagai aturan baku yg lbh bersifat zhahir, tauhid hidup dalam iman. Iman adalah perkara qalbiyyah (rahasia hati). Orng tidak dapat melihat derajat iman seseorang, ataupun menilai aqidah-qalbiyyah (urusan keyakinan dalam hati) orang lain.
    Tetapi, keyakinan hati mempengaruhi sikap dan perilaku. Keagamaan seseorang InshaAllah dapat dilihat melalui amal perbuatannya.
    Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda :
    ” Org mukmin yang paling sempurna imannya ialah yg paling baik akhlaknya ”
    (HR Ahmad dan Abu Daud)

    dikutip dari buku ‘KADO PERNIKAHAN UNTUK ISTRIKU’ karya Mohammad Fauzil Adhim.
    admin: Ameera

    http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

  2. Remaja

    Masa remaja adalah masa dimana pencarian jati diri,dimana anak masih labil dan mudah terpengaruh terutama oleh ajakan temannya. Menurut ilmu tumbuh kembang anak seperti itu.

    Tak jarang banyak anak remaja sekarang,yang menyeleweng dari ajaran agamanya karena pengaruh dari temannya. Katanya kalau ndak punya pacar dibilang ndak gaul atau sok alim, kalau mau menutup aurat dengan jilbab dibilang ndak modis,kuno,terlalu primitif, lalu kalau dinasehatin orang tua dibilang terlalu ngatur.

    Heeeeiiii…. Anak muda dimana logikamu?? Mudah sangat kau dikompori dengan temanmu.

    Yang bilang ndak punya pacar ndak gaul itu orang yang ndak beriman,yang senantiasa menghalalkan apa yang telah Allah haramkan.padahal Allah sudah mengingatkan kita untuk tidak mendekati zina..
    Pacaran tu ya cuma bisa bikin kamu sakit hati karena setiap waktu hanya memikirkan dy,karena takut kau diduakannya?benar apa g? Lalu kamu malah jadi lupa diri untuk selalu mengingat dzat Sang Maha Cinta yang sebenarnya..saking terobsesi dengan sang pujaan hati,akhirnya kamu merelakan sekolahmu,impianmu,cita2mu yang sejak lama kamu damba.jadi rugi deh..hasilnya.

    Next, kalau ada yg bilang pke jilbab itu ndak modis,kuno dan primitif,justru dy yang malah ndak modis,kuno dan primitif layaknya zaman jahiliyah.ibarat kata memakai baju yg belum selesei menjahitnya n kayak lepet serba mini dan singset…

    Aduh dek,mbak…mbok jangan gt.,apa g malu tubuhmu dipertontonkan sama laki2 yg bukan suami kamu,secara gratis.?ya Allah apa kamu ndak kasihan dengan suami kamu hanya mendapat sisa dari orang lain.

    Sungguh tragis jika melihat pergaulan anak remaja sekarang,yang lebih percaya kepada temannya daripada orang tuanya. Begitu kasihan ibunya mengandung 9 bulan,melahirkan dgn susah payah dengan nyawa sebagai taruhannya. Begitupun juga ayahnya pagi hingga malam tak henti2nya mencari nafkah dan tanpa mengenal lelah. Semua yang dilakukan ibu dan ayah tak terkecuali demi anaknya dan masa depannya. Tetapi fakta mengatakan lain,anaknya malah berkhianat kepada mereka.

    Wahai teman2ku semua,mulai sekarang jangan mudah terperdaya dengan ucapan teman yang menyesatkan.

    “pada hari itu sahabat2 karib setengahnya akan menjadi musuh kepada setengahnya yang lain,kecuali orang2 yang persahabatannya berdasarkan taqwa(iman dan amal sholeh)”. (43 : 67).

    Yuk mulai skrng berpilah2 memilih teman..demi masa depan kita. Perkataan yang baik kamu ambil,yang ndak baik buang jauh2.dan pergunakanlah masa muda kita untuk selalu menuntut ilmu di jalan Allah.

    Dan berkumpullah dengan orang sholeh (Tombo Ati Perkara ke 5)

    Waallahu a’lam bissowab
    (Cloudistie Shofayna Aisyah)

    http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

  3. Allah Yang Selalu di Hati

    Ketika cinta datang menghampiriku, tak kuasa aku ingin menyapanya. Sudah lama aku mendamba seseorang yang akan mengisi kekosongan hatiku,seseorang yang dapat mencintaiku dan menyayangiku dengan sepenuh hati. Kemudian ku terima cinta itu dengan senang hati. Lambat laun sudah membina hubungan tanpa ridho illahi,ternyata dia yang ku cinta telah berkhianat dan senantiasa akan menjerumuskanku ke lembah hina ini.

    Dan kini aku pun mulai tahu,tak sepantasnya kita dengan seenaknya menggapai cinta kita dengan jalan yang ndak Allah ridhoi (PACARAN),itu akan membuat kita sakit hati,dan sama halnya kita menduakan cinta Allah. Dan Allah pasti akan murka bagi hambanya yang menduakanNYA hanya demi sang pujaan hati yang belum menjadi suami ataupun isteri

    Memang benar ketika kita meletakkan cinta kita kepada manusia,mereka malah meluluh lantahkan kita dengan sejuta kebohongan dan dustanya,namun ketika kita mencintaimu,Ya Allah. Kau begitu menyayangi kami dengan penuh kelembutan dan sepenuh hati. Karena sesungguhnya Engkau Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

    Tak akan ada cinta yang abadi selain cintamu kepada seorang hambamu.,Ya Allah
    Begitupun kanjeng rasul yang sangat cinta kepada umatnya hingga akhir hayatnya.

    Ya Allah..
    Hanya engkau yang paling setia.
    Diwaktu aku bersedih kau selalu menjadi penyejuk hatiku.
    Diwaktu aku senang,kau selalu menjadi penyemangat hidupku.

    Aku bersimpuh kepadamu
    Bermunajat dengan penuh cinta
    Beralirkan air mata
    Berteduh dinaunganmu
    Bersujud menghiba belas kasihmu
    Berberai kata2 menghiba

    Kelak sehelai kain putih menjadi balutanku
    Apabila ajal datang menjemputku
    Jadikanlah hina ini khusnul khotimah dihadapanmu.

    Dan cintaku kepadamu tak akan lekang oleh waktu

    Wahai saudara dan saudariku jangan kau pernyah menduakan cintamu kepada Allah hanya untuk kekasih yang belum halal bagimu.

    Selalu ada cintaku untukmu Ya Allah, dan rinduku untukmu Ya Rosulluah.

    (Cloudistie Shofayna Aisyah)

    http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

  4. Bismillaah. . .

    Wahai para LELAKI, , ,jangan terlalu MURAH kalian dalam berbicara!
    Dan jangan terlalu mudah engkau mengucapkan “1 Love U”,”1 Miss U”,atau “ana uhibbuki fillaah” kepada seorang wanita yang belum HALAL untukkmu!karena ucapan itu hanya akan menimbulkan Dosa.dan engkaupun tahu wanita itu sangat rapuh hatina dan mudah goyah imanna,bukan?
    Naaaaah,Jika kalian ikhlas ingin memiliki mereka,maka mintalah mereka pada Allaah,datangilah wali mereka dan NIKAHILAH mereka!

    [Filzah Aulia Mahabbah]

    http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

    Bismillaah. . .

    Jika aku seorang IKHWAN SEJATI yang mencintaimu karena Allaah,aku ndak akan pernah berani merayumu dan menggodamu bahkan bebas berinteraksi denganmu.karena dirimu masih belum HALAL untukku!
    Aku MALU jika harus membuatmu lebih mengingatiku daripada mengingatiNYA. . .
    Aku MALU jika menjadi seseorang yang menbuatNYA cemburu padamu karena dirimu rela melanggar laranganNYA karena cintamu padaku. . .

    Begitulah IKHWAN SEJATI!
    Ana yakin antum adalah IKHWAN SEJATI!

    http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

    Segala yang terjadi dikehidupan ini tentu saja atas izin-Nya, tapi semua yang di Izinkan terjadi belum tentu diBarakahi,, Jadi jangan berbangga dulu dng kebahagiaan yg kita dapat hari ini jika kebahagiaan itu didapat dng jalan maksiat, jadi jangan bertinggi hati dulu jika kesuksesaan yg kita dapat, diraih dng jalan sesat. Sepatutnya yg dicari seorang muslim adalah kebarakahan,, bukan skedar kebahagiaan duniawi yang melenakan.

    Ameera Afya

    http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

    Kami Merindu Imam Yang Sholeh

    Kami adalah seorang wanita.
    Wanita yang mendamba suami sholeh.
    Ketika krisis akhlaq melanda kami,ku ingin engkau menjadi pelurus kami,,bukan kau malah semakin menjatuhkan kami.

    Kami adalah seorang wanita yang ingin belajar untuk menjadi wanita sholehah.
    Kami benar2 mendamba dan merindu imam yang sholeh untuk menjadi pendamping hidup kami.

    Biarkan kau jadi kumbang,kami jadi bunganya. Dimana bisa saling bersimbiosis mutualisme

    Biarkan kau jadi atapnya,kami yang jadi rumahnya. Yang senantiasa selalu menaungi kami dikala panas menyengat dan ketika hujan membasahi bumi.

    Kami sangat berharap kau kelak akan mempersunting kami dengan sejuta keimanan dan ketaqwaanmu kepada Allah..
    Jangan biarkan kami tesesat di lembah nista yang tak Alloh ridhoi.
    Miliki kami dengan cara yang halal,wahai laki2 sang penyejuk hati.

    Dikala suatu saat nanti kami mengandung anakmu. Kau akan selalu setia merawat kami hingga nanti usia kandunganku menginjak 9 bulan. Kasih sayang dan cintamu selalu terpancar untuk kesehatan kami,istrimu dan janin yang aku kandung.

    Dikala persalinan telah tiba,engkau suamiku yang sholeh,senantiasa mendampingi dan memberi support kepada kami hingga berderai tangis dan berharap agar kami istrimu dan anakmu akan selamat dalam kelahiran.

    Hingga kelak kau dan aku akan membesarkannya dengan penuh kesabaran.

    Sosokmu begitu setia
    Pembawaanmu begitu tenang
    Diammu penuh taqwa serta keimanan
    Bicaramu penuh kebijaksanaan dan kejujuran
    Pedulimu penuh dengan kasih sayang dan kecintaan
    Akhlaqmu begitu mencermikan kebaikan dan kelembutan
    Dan senyummu penuh dengan kedermawanan.

    Kau adalah laki2 yang kami damba
    Setiap 5 waktu dan malamku tak hentinya ku berdoa
    Allahumma sa’khirli zaujan sholikhan yakhtibuni wayatazau wajubi wayaqunu sahibanli fiddunya wal jannah.

    Semoga imamku yang sholeh kan jdi nyata.
    Amin.

    So..cukupkan hatimu pada Allah.

    (Cloudistie Shofayna Aisyah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s