Belajar Adab Adab Sunnah Rasulullah saw

Sesungguhnya di antara perkara terpenting bagi kalian adalah sholat.
Barang siapa menjaga sholat, berarti dia telah menjaga agama.
Barang siapa yang yang menyia-nyiakannya,
maka untuk amalan lainnya akan lebih di sia-siakan lagi.
Tidak ada bagian dalam islam, bagi orang- orang yang meninggalkan sholat.

Abu Ja’far al-Manshur seorang khalifah Bani Abbasiyah menasehati putranya, “Sesungguhnya khalifah tidak akan baik kecuali dengan takwa, kekuasaan tidak akan baik kecuali dengan ketaatan, dan rakyat tidak akan baik kecuali dengan keadilan. Orang yang paling utama untuk memberikan maaf adalah yang paling mampu untuk menghukum dan orang yang paling kurang akalnya ialah yang menzhalimi siapa saja yang di bawahnya. Wahai anakku langgengkan nikmat dengan bersyukur, ketaatan dengan kelembutan, dukungan dengan tawadhu’ dan kasih sayang kepada orang. Dan janganlah engkau lupa bagianmu di dunia dan bagianmu seteleh engkau mati. (al-Bidayah wan-Nihayah, Ibnu Katsir 10/126)

================================

Pengaruh Dosa

Seorang pemuda mendatangi al-Hasan al-Bashri dan mengadukan masalah yang sedang ia hadapi kepadanya. Pemuda tersebut berkata, “Saya telah berusaha untuk bisa menjaga shalat malam, akan tetapi sampai saat ini saya masih belum mampu untuk melaksanakannya.”

Al-Hasan al-Bashri menjawab, “Dosa-dosamu telah menghalangimu untuk melakukannya.”

Di lain waktu, pemuda lainnya mendatangi al-Hasan al-Bashri dan berkata kepadanya, “Sesungguhnya saya telah banyak berbuat maksiat kepada Allah, akan tetapi Allah tetap memberikan kepadaku kemudahan dunia dan membukakannya untukku. Semua yang aku inginkan dari perkara dunia ini dapat aku raih.”

Al-Hasan berkata, “Apakah Anda biasa melaksanakan shalat malam?”

Pemuda tersebut menjawab, “Tidak.”

Al-Hasan al-Bashri menjawab, “Cukuplah hal ini sebagai hukuman Allah atas dosa-dosamu. Allah telah mengharamkan untukmu kenikmatan bermunajat kepada-Nya.”

 

======================

“Wahai kawan, sungguh tidak wajar kamu mengeluh seperti itu. Sesungguhnya, kamu tidak perlu mengeluh atau meratapi nasibmu. Ingatlah kepada kemurahan Allah dan memohonlah kepadaNya dengan bersungguh-sungguh. Jangan suka berputus asa, hai kawan, tetapi berusahalah terus.”(Imam Abu Hanifah ‘semoga Allah merahmatinya’)

======================

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang rendah hati karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.”(HR.Muslim : 4689)

======================

Semua manusia mau hidup bahagia, siapa saja akan mau,saya, anda,dia,mereka dan semuanya pasti mau bahagia.

Mau hidup bahagia???? jawabnya adalah Taatlah pada Allah, juga amalkan sunnah Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam. <–~ inilah kunci utama kebahagiaan manusia. karena tanpa itu maka sungguh kita hanya akan jauh dari kebahagiaan.

tidak percaya???? lakukan saja, dan lihat sendiri, rasakan sendiri.

lakukanlah ikhlas karena Allah.

======================

Bila ikut aturan islam???
Ketenangan hati manusia karena ikut aturan Allah,
Begitu banyak larangan dan perintah, dan semua itu adalah untuk kebahagiaan kita manusia.
Dilarang dekati zina, karena kalau zina siapa yang rugi???? Kita sendiri yang rugi.

Dilarang berbohong, kalau berbohong siapa yang rugi??? Kita sendiri yang rugi.

Dilarang membicarakan keburukan orang lain, kalau dilakukan,siapa yang rugi??? Kita sendiri yang rugi.

Dilarang buka aurat, kalau dibuka, siapa yang rugi??? Kita sendiri yang rugi.

Dilarang mencuri, kalau mencuri, siapa yang rugi??? Ya kita lagi dan kita lagi yang rugi.

Jadi intinya adalah, bila kita melanggar aturan Allah, maka kita merugikan diri sendiri. Maukah jadi orang yang rugi???? Saya sendiri tak mau, dan saya yakin tak ada yang mau rugi, semua mau bahagia,semua mau ketenangan hati.

Kalau mau bahagia dan mau ketenangan hati, maka taatlah Pada Allah, dan jalankan kewajiban dan juga sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kebenaran hanya milik Allah.

======================

“Sesungguhnya penghuni neraka yang siksaannya yang paling ringan itu ialah yang memakai dua sandal dengan kedua talinya (tali di atas sandal) yang terbuat dari api, maka mendidihlah otaknya sebagaimana mendidihnya kuwali (panci dari tanak). Orang ini mengira bahwa tidak ada orang yang mendapatkan azab lebih berat daripada dirinya, padahal ia mendapatkan azab yang paling ringan.” (HR Bukhari & Muslim dari Nu’man bin Basyir r.a.)

======================

•Kain tutup aurat itu banyak.•

Tidak aneh lagi di jaman ini, wanita berpakaian tapi celana sampai paha, atau berjilbab tapi pakaian serba ketat, dan laki-laki celana keliatan paha sama pusarnya, seolah-olah dunia sudah kehabisan stock kain untuk pakaian.

Firman Allah ‘azza wa jalla : “Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.” (Al-A’raf [7] : 26)

Dalam Qur’an sudah di sampaikan bahwa pakaian sudah ada pakaian buat nutup aurat, yg jadi masalah kenapa masih banyak yg berpakaian seolah-olah kain itu tidak cukup buat nutup aurat. Bukankah berpakaian dengan memperlihatkan aurat itu jelas-jelas dan terang-terangan menentang perintah Allah. Dan termasuk disini adalah berpakaian sempit. Karena jelas kaian itu masih banyak buat melonggarkan pakaian,

Kenapa kita jadi manusia yg suka menantang perintah Allah dengan cara tidak mau mengikuti perintahNya. Disini kami tidak berbicara tentang perempuan saja, tapi juga laki2 yg selalu memperlihatkan pahanya dengan memakai celana pendek, karena jelas paha itu aurat.

Katanya mau bahagia, katanya mau taat pada Allah, kalau begitu ayo taat yg benar agar kita tergolong orang yang bertaqwa.

Tau malu? Kalau iya maka tutuplah aurat, jangan umbar paha kemana2, karena itu kerjaan orang tak tau malu.

Tau malu? Kalau iya maka jangan berpakaian ketat kemana2 karena itu seperti orang yg menelanjangi dirinya di depan umum, dan sekali lagi, itu hanya dilakukan orang yg tak tau malu.

~Oleh : Muhammad al islam

======================

Baik laki2 maupun perempuan, diperingatkan agar memilih pendamping hidup atas dasar agamanya.
Pertanyaannya, apakah yg dimaksud dgn beragama? Apakah mereka yg luas pengetahuan agamanya?
Bukan, sesungguhnya para orientalis memiliki pengetahuan agama yg lbh luas daripada kebanyakan kita saat ini.
Kalau begitu bgaimana menentukan ukuran bahwa calon kita termasuk org yg beragama?
Agama meliputi tauhid yg merupakan intinya dan syariat sebagai aturan baku yg lbh bersifat zhahir, tauhid hidup dalam iman. Iman adalah perkara qalbiyyah (rahasia hati). Orng tidak dapat melihat derajat iman seseorang, ataupun menilai aqidah-qalbiyyah (urusan keyakinan dalam hati) orang lain.
Tetapi, keyakinan hati mempengaruhi sikap dan perilaku. Keagamaan seseorang InshaAllah dapat dilihat melalui amal perbuatannya.
Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda :
” Org mukmin yang paling sempurna imannya ialah yg paling baik akhlaknya ”
(HR Ahmad dan Abu Daud)

dikutip dari buku ‘KADO PERNIKAHAN UNTUK ISTRIKU’ karya Mohammad Fauzil Adhim.

http://www.facebook.com/Alqarni.Id

http://www.facebook.com/pages/Izinkan-Aku-Menikah-Tanpa-Pacaran/124803064261837

======================

Janganlah engkau melibatkan diri dlm hal yg tidak bermanfaat bagimu. Hindarilah musuhmu dan hati-hatilah dalam berteman kecuali dengan orang yang terpercaya. Tidak ada orang yang terpercaya kecuali orang yang takut kepada Allah. Janganlah berteman dgn orang jahat karena engkau akan terpengaruh menjadi jahat. Dan musyawarahkan urusanmu hnya dgn orang-orang yg takut kepada Allah. (Umar bin Khotob)

“Sebaik-baik hamba Allah adalah orang yang jika dilihat (menjadi perhatian) disebutlah nama Allah, dan seburuk-buruk hamba Allah adalah orang yang berjalan dengan mengadu domba, memecah belah antara orang-orang yang saling cinta, dan senang untuk membuat susah orang-orang yang baik.” (HR. Ahmad 4/227)

Sahabatmu yang menasehatimu adalah sahabat yang sayang padamu sehingga ingin kebaikan bagimu, adapun sahabat yang membiarkanmu dalam kesalahan tanpa menasehatimu adalah sahabat yang telah menipumu.

Imam Ibn Qudamah menjelaskan dalam kitab Mukhtasar Minhajul Qashidin, bahwa ada empat kriteria yang patut menjadi pedoman dalam memilih teman.
[1]. Aqidahnya benar.
[2]. Akhlaqnya baik.
[3]. Bukan dengan orang yang tolol atau bodoh dalam hal berprilaku. Karena dapat menimbulkan mudharat.
[4]. Bukan dengan orang yang ambisius terhadap dunia atau bukan orang yang materialistis.

Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

http://www.facebook.com/Alqarni.Id

======================

Tukiman dan Paijo

Paijo dan tukiman adalah cerita berseri halaman fb belajar adab sunnah.
Cerita dua tukang becak yg selalu membicarakan masalah islam, dan rajin mengamalkan sunnah.

Namun dalam cerita ini kami belum menyambung ceritanya, hanya sebuah cerita yg kami buat untuk menyampaikan dakwah dalam bentuk cerita, dan untuk halaman fb tukiman dan paijo silahkan like di tukiman dan paijo
Suatu hari Dipangkalan becak tempat tukiman dan paijo mangkal :

Paijo : tau gak man, hari aku di ledekin sama seorang pemuda, masa dia bilang gini kamu ini udah jelek, kampungan, tidak punya pacar, ngak laku, jomlo, tukang becak lagi. Kasihan.

Tukiman : astaghfirullah, lalu kamu bilang apa jo?

Paijo : aku bilang aja dengan tenang dan santai tanpa marah, iya tidak apa2 jelek dan tidak pacaran atau jomblo, tapi bila anda tau itu adalah anugrah besar dari Allah buat saya, karena Allah menjauhkan saya dari zina, taukah anda zina itu dosa besar. Sepertinya anda tidak tau apa itu dosa karena anda sendiri bangga dengan zina.
Lalu orang itu bilang man “pacaran kok zina, mana ada” lalu aku jawab man “pacaran pasti melakukan zina, bisa zina mata, bisa zina hati, dan parahnya bisa zina tubuh, bukankah itu jelas wahai saudara” lalu dia diam man. Lalu aku bilang lagi. Saya sangat bersyukur atas apa yg Allah berikan padaku, miskin tapi tak mengemis, jelek tapi tak mengemis pada perempuan dengan memelas meminta kasih sayang dan cinta alias tidak pacaran. Itu suatu kebanggaan buat saya wahai saudaraku. Alhamdulillah ala kulli hal🙂 *senyum

Tukiman : wah, luar biasa jo. Mantap.. Lah kok bisa dia hina2 kamu kenapa jo?

Paijo : gara2 becak saya tidak sengaja nyerempet motor dia man .. Hehe… Kan tidak sengaja man, orang dia belok mendadak tanpa memberi lampu isyarat. Ya saya mana tau dia mau belok man. Ya ke serempet deh..

Tukiman : oh gitu.🙂

Paijo : oh iya man, sepertinya sudah jam setengah 12 nih, kita ke masjid yuk, siap2 dhuhur.

*biasanya sebelum dhuhur tukiman dan paijo mengaji dulu menunggu adzan di masjid.

Read more tukiman dan paijo di (search Tukiman paijo)

Write by : Muhammad al islam
_____________________________

• MARI JADI ORANG BAIK •

• JAGA IMAN – JAGA SHALAT – JAGA AKHLAQ – TUTUPLAH AURAT •

• follow twitter @QURANdanSUNNAH

http://www.facebook.com/SunnahRasulullah.Saw

 

 

8 thoughts on “Belajar Adab Adab Sunnah Rasulullah saw

  1. Tanda2 orang yg ikhlas dia tdk akan pernah berubah sikapnya disaat dia berbuat sesuatu kebaikan, ada atau tidak ada yg memuji/menilainya, bahkan sampai dihina pun hatinya tetap tenang, karena ia yakin bahwa amalnya bukanlah utk mendapatkan penilaian sesama manusia yg selalu berubah, tetapi dia bulatkan seutuhnya hanya ingin mendapatkan penilaian yang sempurna dari Allah SWT.

    Orang yg cerdas hatinya, yg jernih pikirannya, yg yakin akan pertolongan Allah, yg sadar rahmat Allah itu luas, yg mengerti segalanya ada waktunya, maka ia tidak akan pernah merasa putus asa bila ditimpa kegagalan,keterpurukan, kesulitan hidup, kecemasan dan kegalauan yg melanda jiwa..
    Justru ia akan berbaik sangka kpd Allah dengan terus berikhtiar lahir dan batin dan yakin Allah bersamanya utk menolongnya..

    “Bergaulah dengan orang-orang sholeh” Tingkat keimanan kita bisa turun atau naik, untuk itu perlu dijaga agar tingkat keimanan kita tetap tinggi. Berada pada lingkungan kondusif dimana orang-orangnya dekat dengan Allah SWT, Insya Allah juga akan membawa kita untuk makin dekat kepada-Nya.

    Demi Allah, harimu sekarang adalah hari dimana harus terkumpul bekal utk akhiratmu, baik utk ke surga atau ke neraka..
    Jika engkau menuju Allah, niscaya engkau akan mendapat kebahagiaan dan keberuntungan besar dlm waktu yg singkat dan tdk abadi ini..
    Tapi jika engkau dahulukan syahwat, kesenangan dan main-main, niscaya engkau akan mendapat kepahitan yg besar dan abadi..
    (Ibnul Qoyyim)

    http://www.facebook.com/Alqarni.Id

  2. kata-kata mutiara islami dari Aa Gym :

    Semakin ingin menunjukan diri kita agar diakui, dihormati, maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan bathin, dan biasanya makin tak disukai.

    Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apapun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka.

    Hati yang bersih akan peka terhadap ilmu, apapun yang dilihat, didengar, dirasakan jadi samudera ilmu yang membuatnya kian bijak, arif dan tepat dalam menyikapi hidup ini

    Mustahil semua orang akan menyukai kita — walau kita berbuat baik semaksimal mungkin. Tak usah aneh dan kecewa, terus saja berbuat yang terbaik, karena itulah yang kembali kepada kita.

    Keberanian untuk mengatakan tak tahu untuk yang tak diketahuinya jauh akan lebih menenangkan dan dihormati daripada selalu ingin kelihatan serba tahu atau sok tahu

    Konflik biasanya terjadi karena saya benar dan kamu salah, berilah kesempatan hati mengatakan kita benar dan diapun boleh jadi benar, Insya Allah akan mudah cari solusi.

    Orang yang paling mulia diantara manusia adalah orang yang paling banyak mengingat mati dan paling siap menghadapinya dengan bekal amal shalih.

    Yang penting bagi pimpinan bukan memaksa anggotanya menaati kepada perintahnya, tapi membuat paham apa yang terbaik yang harus dilakukannya dengan penuh kesadaran.

    Sikap emosional merupakan ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin dapat mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali.

    Komentar spontan kita mungkin hanya satu patah kata, tapi bisa melukai hati dan menimbulkan kebencian mendalam, oleh karena itu waspadalah walau hanya sepatah kata.

    Hati manusia berubah-ubah, sekarang marah mungkin besok lusa sudah reda bahkan mungkin lebih sayang kepada kita, oleh karena itu jangan mendendam atau benci ber-kepanjangan.

    Akan ada saat hati menjadi sedih dan gelisah. Jangan biarkan larut dan mencuri hidup kita, bangkitlah, sibuklah, bergaulah dengan orang yang manfaat dan banyaklah berzikir.

    Berani hidup harus berani menghadapi masalah, jangan takut dan jangan gentar, hadapi dengan benar dan tawakal, karena setiap masalah sudah diukur Allah sesuai kemampuan kita.

    Kita tak memiliki apapun dan tak dimiliki siapapun selain milik Allah. Hidup di dunia hanyalah mampir sejenak, mencari bekal untuk pulang dan menanti saat maut menjemput.

    Kebiasaan melemparkan kesalahan dan tanggungjawab kepada orang lain, selain akan menambah masalah, juga akan menjatuhkan kredibilitas, dan menghilangkan kepercayaan.

    Siapapun yang merindukan sukses, maka harus bertanya pada dirinya seberapa jauh dan sungguh-sungguh untuk berjuang, karena tiada kesuksesan tanpa perjuangan.

    Air yang lembut bisa mempersatukan bahan besi, semen, kerikil, pasir sehingga menjadi beton yang kokoh. Memang kelembutan hatilah yang akan bisa mempersatukan.

    Jangan takut menjadi tua, karena pasti menua. Tapi takutlah tak menjadi dewasa, karena kedewasaan sikaplah yang menjadi jalan kebahagiaan dan kemuliaan.

    Tak perlu menjawab penghinaan dengan penghinaan lagi, cukup jawablah dengan evaluasi diri, gigih memperbaiki diri, dan beri bukti yang tak terpungkiri.

    Orang yang sedikit pengetahuan, wawasan dan pengalaman, seperti yang terbelenggu dan dipenjara oleh keterbatasannya, hidup tak akan leluasa dan sulit untuk berbahagia.

    http://www.facebook.com/Alqarni.Id

  3. Perbedaan pacaran dan ta’aruf

    Kita lebih sering dengar “pacaran”,kalau di melayu di katakan “bercouple”.

    1. mendekati zina, zina itu luas, bukan karena melakukan hub badan saja, pandangan dgn nafsu juga zina,menyentuh dngan syahwat juga zina. berbicara dengan ada nafsyu syahwat juga zina.dll.

    2. buang waktu, waktu yang seharusnya bisa buat belajar agama atau lainnya,habis karena sesuatu yang sia-sia yakni pacaran. dan pacaran ini benar-benar menyia-nyiakan masa muda. bahkan banyak yang hancur masa mudanya karena pacaran ini, karena itu dia tadi,merasa hebat bisa tertahan goda’an syaitan. ada yg hamil diluar nikah, ada yg melarikan diri dari orang tua katanya karena tidak direstui, ada juga yg berani melawan orangtua,katanya Demi cintaku. benar-benar konyol.

    3. banyak kemungkinan berbohongnya, berjanjinya ini dan itu, dll..

    Apa ada jaminan kita tak tergoda syaitan? jawab: sungguh tak ada jaminan sama sekali. bila antum merasa menjamin tak tergoda,betapa hebatnya anda, sahabat Nabi saja minta perlindungan pada Allah dari godaan syaitan. apalagi kita ini. tak ada apa-apanya, malah merasa hebatnya mau mendekati zina. dekat dengan derajat para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saja tidak sama sekali. antara langit dan bumi bahkan lebih jauh lagi.

    Kalau kita beralasan, “LALU BAGAIMANA SOLUSINYA AGAR DAPAT PASANGAN,KAN HARUS DI USAHAKAN”, jawab: memang betul di usahakan, karena usaha dulu baru tawakkal, tapi bukan berarti harus dengan cara yang salah dengan meniru-niru satu kaum.dalam hal ini PACARAN bukanlah dari islam. dengan jalan ta’aruf itu lebih baik.

    yang ironi, ketika mereka berpacaran, kami tanya “pacaran ya” oh tidak, kami ta’aruf. ….$#@&. kami bingung, apa ini yang mereka maksud ta’aruf dalam islam? bebas jalan berdua, pegang tangan sana-sini, di telepon rayu-rayuan????

    mari kita lihat perbedaan pacaran dan ta’aruf.

    Pacaran : adalah budaya orang orang jahil yang tanpa melalu tertib tetap yang cenderung menghalalkan segala cara.

    Contoh. Boleh jalan berdua,boleh berzina,boleh kapanpun bermaksiat,boleh sembunyi sembunyi dari orang tua,bebas berbohong,bebas berangan angan,bebas berandai andai. tak ada aturan yang mengikat.

    Ta’aruf: perkenalan laki laki kepada wanita adalah yang dibolehkan dalam islam,dengan syarat dan tata cara tertentu dengan tertib yang tetap.

    Contoh: harus diketahui wali perempuan,tidak boleh berbohong,niat harus benar,tidak boleh jalan berdua,tidak boleh pegangan tangan apalagi berzina,melihat hanya boleh wajah dan telapak tangan.

    Jadi pacaran dalam islam jelas tidak ada. Istilah pacaran tidak ada dalam islam.

    Kita sama sama mengingatkan untuk kebaikan. Untuk mendapatkan kebaikan dan kemuliaan dunia akherat harus dengan cara yang baik dan mulia juga.

    “Dan janganlah kamu dekati zina. Sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk” (Al-Isra’:32).

    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:”Ada tiga jenis orang yg diharamkan Allah masuk surga,yaitu pemabuk berat,pendurhaka terhadap kedua orang tua,dan orang yg merelakan kejahatan berlaku dalam keluarganya (yakni,merelakan isteri atau anak perempuannya berbuat serong atau zina)”(HR.Nasa’i,Ahmad)*Apakah antum merelakan anak antum pacaran, itu sama saja antum merelakan anak antum untuk mendekati zina, lalu dimana tanggung jawab sebagai orangtua, apakah itu namanya orangtua yang baik? dan membiarkannya berjalan berdua dgn bukan mahramnya? JANGAN DEKATI ZINA

    bila semua peringatan yang baik sudah tak mau diterima oleh hati kita, mari berdo’a kepada Allah, semoga Allah melunakkan hati kita yang keras,yang tak mau menerima kebaikan. banyak istigfar.

    tugas kami hanya menyampaikan , mari kita saling mengingatkan dalam kebaikan.

    KEBENARAN HANYA MILIK ALLAH

    _____________________________

    • MARI JADI ORANG BAIK •

    • JAGA IMAN – JAGA SHALAT – JAGA AKHLAQ – TUTUPLAH AURAT •

    • follow twitter @QURANdanSUNNAH

    oleh : ~Muhammad al islam.

    http://www.facebook.com/SunnahRasulullah.Saw

  4. Cara ta’aruf dalam islam.

    Agama islam,aturan yang ada tak satupun yang akan merugikan,mungkin karena hanya berlawanan dgn hawa nafsu kita jadi agak sulit menerima, mengenai perkenalan laki dan perempuan banyak yang mengambil jalan pacaran yang jelas itu adalah budaya jahiliah,yang cenderung menghalalkan segala cara,dan banyak merugikan kedua pihak.yang banyak terjadi adalah perzinahan,naudzubillah mindzalik. Semoga Allah menjauhkan kita dari pacaran. Dan ironinya lagi membawa bawa nama islam dalam budaya jahil pacaran. Dikatakan pacaran islami.pacaran secara syar’i islam. Kita jangan membawa dan menambah nambah lagi.islam sudah sempurna.dan TIDAK ADA PACARAN DALAM ISLAM.BAHKAN TAK ADA ISTILAH PACARAN DALAM ISLAM.

    padahal tidak akan merugikan bila mengikuti cara islam,dalam bahasan kita kali ini mengenai taaruf atau perkenalan.

    Dalam perkenalan seorang laki laki kepada wanita yang di inginkan. Bahwa seorang laki laki di anjurkan melihat langsung wanita yang akan dilamarnya(muslim) dan tujuan melihat calon istri bagi lelaki yang akan menikahinya ialah untuk mengetahui rupa calon istrinya, sehingga sebaiknya wanita yang akan dilihat tidak bermake up tebal dan tidak menyembunyikan wajahnya,agar dapat terlihat rupa aslinya oleh calonnya, dan dalam hal ini wanita ditemani wali atau mahramnya. Dan yang boleh dilihat oleh laki laki saa perkenalan hanyalah wajah dan telapak tangan saja,dan boleh melihat sampai dua,tiga kali jika perlu sampai yakin dgn pilihannya,tapi bukan berarti bisa jalan jalan berdua,karena wanita wajib ditemani mahramnya. Dan melihat ini hendaknya kedua belah pihak yaitu pihak laki2 dan wanita,dan agar lebih detail mengenal perempuan atau laki2 boleh saling mengutus utusan kepada calon masing2,dan yang di utus harus adil dan amanah dalam menceritakan baik buruknya calon.

    Bila kita telah baca hal di atas, kita bisa melihat,bahwa tidak akan ada yang dirugikan. Kemungkinan berbohong hampir tidak ada,tak boleh menyentuh,semua sudah jelas. Sedang pacaran semua tidak jelas dan banyak merugikan dan segala hal di halalkan.

    Dan kami tambahkan,bahwa wali wajib meneliti benar2 calon suami. Jangan menikahkan wanita dengan laki laki berakhlak buruk,buruk agamanya,zholim,fasik dan peminum arak. Hendaknya menikahkan menikahkan wanita dengan orang yang bertaqwa,karena jika suami mencintainya maka akan mencintainya,jika membencinya maka tidak akan menganiayanya. Semua penjelasan ini untuk mahzab syafi’i.

    Indahnya islam. Kita tidak akan menyesal mengikuti syariat agama kita. Bila mengingingkan kebaikan perjalanan maka mulailah dengan hal yang baik. Semoga bermanfaat. Maha benar Allah.

    _____________________________

    • MARI JADI ORANG BAIK •

    • JAGA IMAN – JAGA SHALAT – JAGA AKHLAQ – TUTUPLAH AURAT •

    • follow twitter @QURANdanSUNNAH

    oleh : ~Muhammad al islam.

    http://www.facebook.com/SunnahRasulullah.Saw

  5. Bila ingin hidup bahagia dan tenang maka lakukanlah hal yg menghantar kepada bahagia dan ketenangan,

    Kalau suka marah-marah, suka emosi, suka membicarakan keburukan orang lain, suka meledek orang lain, suka menghina orang lain, suka berkhianat, suka selingkuh, suka bicara kotor, dll semacamnya.. Bagaimana mau hidup bahagia kalau jalannya saja bukan hal yg membahagiakan.

    Ibarat makanan enak, tidak akan enak makanan kalau bahan makanannya tidak enak, bagaimana mungkin makanan bisa enak kalau bahan makanannya saja basi.

    Dan jalan menuju bahagia adalah dengan taat pada Allah dan menjalankan sunnah.

    -Muhammad al islam

    JUMU’AH MUBAROKAH

    _____________________________

    • MARI JADI ORANG BAIK •

    • JAGA IMAN – JAGA SHALAT – JAGA AKHLAQ – TUTUPLAH AURAT •

    • follow twitter @QURANdanSUNNAH

  6. Kekayaan belum tentu membahagiakan orang kaya, dan kemiskinan belum tentu menyedihkan orang miskin. Kekayaan itu penting, tapi bukan yang terpenting, perasaan dalam hatilah yang terpenting, karena suasana hati itu menentukan ketenangan dan untuk ketenangan dan kebahagiaan itu maka banyaklah mengingat Allah banyak menyebut nama Allah.

    Dalam sebuah riwayat di sampaikan : Sesungguhnya kekayaan itu adalah kekayaan hati dan kemiskinan adalah kemiskinan hati.” (HR An-Nasai, Ibnu Hibban, Thabrani)

    InsyaAllah semua itu mudah, yaitu dengan taat pada Allah, dengan jalankan kewajiban dan sunnah.

    -Muhammad al islam

    • selamat istirahat buat semua saudara(i) muslimku yang sangat kucintai. Semoga Allah merahmati kita semua.

    =======================================================================

    Teruslah jaga shalat, dan teruslah berbuat baik, karena balasan kebaikan adalah kebaikan, Allah adalah sebaik2 pembalas kebaikan

    Kalau sampai kita sakit hati kalau kebaikan kita dibalas keburukan oleh yg kita berbuat baik padanya, maka salahkanlah diri sendiri karena kita belum ihklas melakukan kebaikan.

    Namun jangan berhenti berbuat kebaikan, teruslah dan teruslah berbuat baik, jangan ada kata takut dan menyerah dalam kebaikan. Sungguh Allah maha mengetahui dan maha pembalas kebaikan yang maha Adil.

    Berbuatlah untuk mendapat keridhaan Allah, bukan yang lain, karena manusia akan mendapatkan apa yang diniatkan atas apa yang dilakukan, namun niat baik harus dengan cara yang baik pula.

    -Muhammad al islam

    _____________________________

    • MARI JADI ORANG BAIK •

    • JAGA IMAN – JAGA SHALAT – JAGA AKHLAQ – TUTUPLAH AURAT •

  7. Assalamu’alaikum.

    Bismillah.

    “Kebaikan tidak akan mendatangkan kecuali kebaikan.”(Shahih Muslim 1743)

    Islam sangat indah sangat baik, sangat mulia.
    Ada yang bertanya, “akhi? Ada pencuri agamanya islam, ada koruptor agamanya islam, ada tukang hina agamanya ya islam, ada tuti alias tukang tipu ya agamanya islam, lalu apa buktinya agama islam itu baik???” Jawabnya begini, buktinya simple saja yaitu tidak ada dalam ajaran islam itu menyuruh mencuri, tidak ada ajaran islam itu nyuruh korupsi, tidak ada dalam islam itu nyuruh menipu. Dll semacamnya..kalaupun ada orang islam yang begitu, itu orang islam yg tidak menjalankan ajaran islam, jadi islam tapi hidup tidak sesuai dengan apa yg di ajarkan dalam islam ,seperti larangan keras berbuat buruk, dalam hal ini mencuri, nipu, dan lain semacamnya.

    Solusinya? Jawab : solusinya kita dakwah, sampaikan islam dengan cara yang baik, karena kalau kita kasar dalam dakwah, bukannya saudara yg kita dapat malah musuh yg kita dapat.

    Maksudnya? Jawab : maksudnya, kalau ada orang maling jangan dihina2 sambil di ajak dalam kebaikan, contohnya : kamu ini maling, kerjaan kotor, kamu ini dan itu… .. Tapi dakwahlah dengan baik, karena mencurinya jelas hina dan kotor, kita sudah tau itu dan pencuri juga tau itu,jadi tidak perlu dijelaskan lagi padanya, yg perlu dijelaskan bahwa ada jalan kebaikan yg membawa kepada kemuliaan yaitu taat pada Allah dan Rasul-Nya, maka ajari dia ngaji, shalat, atau hal lainnya. . . Kalau kalau kita hina2 dia yang ada malah dia bisa tambah marah dan sakit hati, yang akhirnya dia bukannya suka malah benci pada kebaikan yg kita sampaikan.

    Saudaraku tercinta, hal di atas bisa kita terapkan pada anak-anak, baik anak kandung, anak anak didik, atau bisa juga di terapkan dalam menasehati saudara,teman,atau orang lain.

    Jadi istilahnya, jangan tonjok orang lalu di ajak kepada kebaikan, tapi beritahu dia kebaikan agar dia lupa keburukan. Karena siapapun tau kalau kebaikan itu mendapat balasan kebaikan. Apakah anda mau di nasehati dengan dihina dulu? Tidak kan? Iya orang lain pun begitu🙂

    Menasehati dengan hikmah dan lembut.

    Kebenaran hanya milik Allah.

    -Muhammad al islam.

    *mari jadi orang baik.

    Selamat istirahat saudaraku muslim tercinta. Semoga Allah merahmati kita semua.

  8. Assalamu’alaikum.

    Dahulu kawan kita kanak-kanak, dan sekarang sudah remaja, dan besok kita akan tua bila masih ada umur, semoga masih diberi kesempatan untuk berbuat lebih baik lagi oleh Allah. bila kita tak diberi kesempatan lagi untuk hidup didunia tentu jawabannya hanya satu yaitu meninggal dunia,

    ya kita akan meninggal dunia seperti mereka yang sudah lebih dahulu meninggal dunia,merekayang kemarin bercanda dengan keluarganya, yang kemarin bekerja keras mencari harta,mereka yang kemarin suka jalan2, semua sudah meninggal dan dalam liang lahat saat ini.

    Dan tak perlu khawatir karena kitapun akan menyusul insyaAllah, lalu apa yang kita punyai untuk bekal akherat???

    sekarang kawan kita remaja, tapi apa yang kitalakukan di saat ini? taat pada Allah atau taat pada dunia?? mari cek ke diri kita sendiri.

    Imam Asy-Syafi’i mengatakan : “Sesungguhnya kehidupan pemuda itu, demi Allah hanya dengan ilmu dan takwa (memiliki ilmu dan bertakwa), karena apabila yang dua hal itu tidak ada, tidak dianggap hadir (dalam kehidupan).”

    jadilah pemuda yang beriman dan taat pada Allah dan Rasul-Nya. karena itulah kemuliaan kita manusia, yaitu taat pada Allah dan Rasul-Nya.

    Kebenaran hanya milik Allah.

    – Muhammad Al Islam

    *selamat istirahat untuk semua saudara(i) muslim ku tercinta. uhibbukum fillah

    ==========================

    Agar tak lalai pada Allah :
    1. Biasakan membaca basmalah saat akan memulai sesuatu yg baik.
    2. Hapalkan do’a adab keseharian, seperti do’a sebelum masuk toilet dll..
    3. Usahakan untuk selalu shalat tepat waktu.
    4. Jangan biasakan berkata kotor dan kasar.
    5.bersikap lembutlah pada kawan dan lawan.
    6.jangan kikir.

    ♥ mari jadi orang baik ♥

    Muhammad al islam

    ============================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s